Kita
berikan 1 contoh kasus kerusakan yang terjadi pada motor Jupiter MX.
Jadi ceritanya begini, gejala awalnya ketika direm motor mati dan
dihidupkan lagi susah, setelah dicek ternyata sekering putus. Itu adalah
tanda bahwa rangkaian kelistrikannya ada yang konslet (hubungan
pendek).
Solusi
Memperbaiki
system kelistrikan yang konslet kita harus telaten. Karena kita harus
benar benar paham dan mengerti detail tentang seluk-beluk kelistrikan
sepeda motor. Namun disini ada cara mudahnya yang bisa diterapkan.
1.
Pastikan gunakan sekering yang tepat apabila menggantinya agar tetap
aman. Sebagai contoh, bila sepeda motor kita menggunakan sekering 10
amper, pastikan kita menggantinya dengan nilai yang sama 10 amper juga.
2.
Hidupkan system kelistrikan satu per satu. Ada beberapa rangkaian yang
dihidupkan satu persatu, rem, sein, motor starter, klakson, dll. Dan pas
sekering terputus maka pada rangkaian itulah yang dicari konsletingnya.
keterangan
gambar: dari kiri ke kanan berurutan gambar 1,2 dan 3. Gambar 1 (letak
swit Jupiter MX), gambar 2 (letak sekering Jupiter MX). Gambar 3
(penyebab konsletnya karena isolator switnya luka sehingga arus terjadi
hubungan pendek ke massa (konslet)
Motor tersebut sekeringnya mati ketika direm, maka yang dirunut hanya system rem saja, dirunut dari aki + ke sekering ke kunci kontak ke swit rem(depan dan belakang) ke lampu rem ke massa(ground). Dan ternyata yang konslet swit rem belakang, arus dari kunci kontak ke swit rem dan langsung ke massa (ini konsletnya), karena ketika direm sekering langsung mati. Solusinya
ada dua reparasi ulang atau diganti. Adapun ketika sekering mati kok
langsung mesin mati juga, karena motor Jupiter MX system pengapiannya DC
dan menggunakan sekering, sehingga apabila sekering terputus otomatis
system pengapian ikut mati. Namun ketika sumber masalah konsletnya
diperbaiki gejala mesin mati tersebut secara otomatis tidak terjadi
lagi.
Terima Makasih
Dadang auto champion
Tidak ada komentar:
Posting Komentar