Minggu, 16 Desember 2012

Motor Matik Injeksi Cara Merawat Motor Injeksi

  1.  Disarankan sebelum pergi mengendarai motor matik panaskan dahulu mesinnya, sekitar 1 sampai 5 menit. Karena dengan durasi waktu singkat sudah cukup untuk memanaskan mesin dan membuat pembakaran jadi sempurna.
  2. Pada saat mengendarai motor matik injeksi, pengendara jangan terlalu sering mengubah kecepatan laju motor secara mendadak, memaksakan motor berlari cepat tiba-tiba mengerem atau sebaliknya. Alasannya cara seperti ini bisa mempendek usia mesin.
  3. Selalu cek kondisi tanki bensin, jangan membiarkan kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong. Mengisi bensin tak perlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk arah huruf E atau Empty. Karena jika mengisi bensin ketika empty tangki motor akan cepat kotor dan akan mempengaruhi mesin motor dalam jangka panjang.
  4. Mengganti oli transmisi motor Matic secara rutin. Cara ini bisa menjadi solusi untuk mereda keausan komponen umur mesin Matic, untuk penggantian maksimal setiap 5 ribu km dan oli mesin secara berkala setiap 1000 km atau ikuti buku petunjuk penggantian oli ketika anda membeli sepeda motor.
  5. Selalu periksa kondisi busi dan aki. Sebab, kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi gantilah dengan yang baru dan orisinal di bengkel resmi atau langganan Anda.
  6. Perhatikan juga adalah memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah tidak layak gantilah dengan yang baru dan orisinil.
  7. Selalu perhatikan ruang transmisi, di ruangan transmisi terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km.
  8. Motor matik biasanya menggunakan single shockbreaker, maka ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km. Biasanya kalo oli shockbreaker Matic ini dah mulai harus di ganti di tandai dengan suara mendecit kalau di gunakan melewati jalan yang tidak rata.
  9. Yang paling penting adalah gunakan spare part asli atau original.Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk para pemilik motor matik injeksi.

Tidak ada komentar: