Minggu, 16 Desember 2012

Motor Yamaha mio mati total



Saat santai liburan di Magelang tiba-tiba shohibku yang ada di Tangerang (Saryono) telpon, Yamaha mionya mati mendadak dan tidak ada apinya. Langsung saya jawab fokus di kabel kunci kontak dan kabel sambungan dari CDI ke Koil pengapian.
Mengapa saya katakan demikian? Berdasarkan pengalaman saja. Desain sistem pengapian Yamaha mio ada dua tempat yang harus diperhatikan, terutama di kabel kunci kontak dan sambungan kabel dari CDI ke Koil pengapian yang bisa putus karena gerakan dan pola pemakaian, karena konstruksi sambunganya yang menurut saya kurang kuat.
Saya beri intruksi untuk mengatasinya byphone (lewat telepon), Ternyata teman saya tersebut tidak membawa alat yang memadai untuk membuka coverbody/ tebeng-tebeng (red: jawa). Terpaksa ke bengkel walau agak males dorong sepeda motornya. Setelah saya Tanya apa yang rusak? Ternyata benar, salah satu diantara keduanya yaitu kabel kunci kontaknya putus. Padahal cara pengerjaanya mudah bisa dikerjakan sendiri.
Saran saya bagi mekanik, hendaknya memahami karakteristis berbagai jenis sepeda motor, agar lebih cepat dan mudah untuk melakukan trouble shooting atau mencari kerusakan berbagai jenis sepeda motor, terlebih bagi mekanik bengkel umum (non dealer). 

Terima kasih

Tidak ada komentar: