Saat santai liburan di Magelang tiba-tiba shohibku yang ada di Tangerang (Saryono) telpon, Yamaha mionya mati mendadak dan tidak ada apinya. Langsung saya jawab fokus di kabel kunci kontak dan kabel sambungan dari CDI ke Koil pengapian.
Mengapa saya katakan demikian? Berdasarkan
pengalaman saja. Desain sistem pengapian Yamaha mio ada dua tempat yang harus
diperhatikan, terutama di kabel kunci
kontak dan sambungan kabel dari CDI
ke Koil pengapian yang bisa putus karena gerakan dan pola pemakaian, karena
konstruksi sambunganya yang menurut saya kurang kuat.
Saya beri intruksi untuk mengatasinya byphone (lewat telepon), Ternyata teman
saya tersebut tidak membawa alat yang memadai untuk membuka coverbody/
tebeng-tebeng (red: jawa). Terpaksa ke bengkel walau agak males dorong sepeda
motornya. Setelah saya Tanya apa yang rusak? Ternyata benar, salah satu
diantara keduanya yaitu kabel kunci
kontaknya putus. Padahal cara pengerjaanya mudah bisa dikerjakan sendiri.
Saran saya bagi mekanik, hendaknya
memahami karakteristis berbagai jenis sepeda motor, agar lebih cepat dan mudah
untuk melakukan trouble shooting atau
mencari kerusakan berbagai jenis sepeda motor, terlebih bagi mekanik bengkel
umum (non dealer).
Terima
kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar